Apa kabar Sobat-sobat?.

Beberapa hari lalu saya lupa membayar vps girimulya.com sampai vpsnya tidak aktif dan terpaksa membuat blog baru lagi dan tentu saja harus menulis artikel-artikel sebagai pengganti artikel yang sudah sirna.

Ok, langsung ke topik berita 😀

Midi adalah singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Alat-alat midi ini bisa terhubung ke alat-alat midi lain melalui midi portnya. Android, windows, Mac Os dan os-os lain juga bisa dijadikan sebagai alat musik digital yang juga bisa dihubungkan ke alat musik digital yang lain.

    Dalam garis besarnya, ada dua alat midi, yaitu:

  1. Controller
    Ini yang akan mengontrol dan menjalankan suara-suara yang tersimpan di Host dan suara-suara ini di sebut sebagai Midi Sound bank.
  2. Host
    Di sinilah soundbank di tempatkan

Nah, dari dua garis besar jenis alat midi ini kita bisa menyimpulkan bahwa midi tidak akan bisa menghasilkan suara jika tidak dihubungkan ke midi hostnya.

Saya yakin, ada sangkalan seperti ini dari Anda "Lah komputerku tidak dihubungkan ke midi host tetap menghasilkan suara saat memutar file midi".

Lah karena defaultnya komputer bisa dijadikan sebagai alat musik digital yang di dalamnya sudah ada controller dan host. Komputer bisa di gunakan sebagai controller untuk dirinya sendiri dan untuk alat musik lain sekaligus bisa dijadikan sebagai host untuk dirinya sendiri dan alat musik yang lain.

Secara default, komputer dengan OS Windows sudah memiliki host yg bernama Microsoft GS Wavetable Synth. Jika Anda ganti hostnya menuju host lainnya, misal CoolSoft VirtualMIDISynth maka suaranya akan mengalami perubahan pula karena dalam soundbank pada dua host tersebut terdapat file-file suara yang sangat berbeda.

Jadi, file-file midi juga bisa dikategorikan sebagai controller. Untuk memperjelas akan saya ibaratkan dengan surat.
Saya menulis surat untuk seseorang yang isinya memerintahkan untuk:
pada 2 detik pertama setelah baca surat, pukul piring dengan sendok, 2 detik kemudian pukul gelas dengan sendok dan
2 detik kemudian pukul panci dengan sendok dan terus ulangi ketiganya hingga 1 jam secara beraturan.

Coba anda bayangkan, apa yang Anda dengar ketika si penerima surat melakukan apa yang saya perintahkan?.

Jadi, file-file midi itu sebagai surat yang berisi perintah-perintah dalam bahasa perogram agar midi player menyentuh suara-suara dalam soundbank yang tersimpan di host.

Cukup sekian dan saya harap artikel ini bisa dicerna dengan mudah dan mohon maaf jika istilah-istilah permidian dalam artikel ini ada yang melenceng. Artikel ini saya tulis dengan bahasa yang sangat sederhana dan sesuai dangan apa yang saya ketahui.

Semoga bermanfaat dan berkah.

Comment for: Mengenal Midi Sedetil Mungkin